Pengertian Cpanel,Vps,Dedicated Hosting Server Dan Vpn


1.control panel hosting

Pengertian Control Panel Hosting adalah sebuah aplikasi  yang dapat dijalankan melalui browser, yang berfungsi untuk mengatur hosting, seperti membuat atau mengelola database, menginstal website, membuat email, membuat sub domain atau add on domain, dan banyak fungsi lainnya.

Jenis- jenis Control Panel Hosting :

control panel hosting yang tersedia saat ini sangat beragam, diantaranya ialah:

1. cPanel

2. Plesk

3. Ensim

4. Direct Admin

5. SPanel

6. GPLHost

7. VHCS.

8. Virtualmin / Webmin

Cpanel adalah kontrol panel terproteksi. Untuk masuk perlu username dan password. Informasi alamat akses Cpanel dan login ada dalam email aktivasi hosting. Cpanel sendiri ditampilkan dalam format web base, artinya bisa diakses melalui browser internet, semisal Internet Explorer, Firefox, Safari, dll. Fungsi Cpanel adalah sebagai jembatan perintah-perintah teknis ke program-program pendukung website yang berada di web server. Program pendukung website misalnya database MySQL, Apache/LiteSpeed, PHP, dll. Karena fungsinya sebagai jembatan, maka web designer bisa mengelola kebutuhan website. Beberapa diataranya adalah :

  • Membuat/hapus alamat email

  • Menciptakan email forwarder

  • Membuat/hapus nama/user database MySQL

  • Upload file-file website dan database

  • Atur konfigurasi PHP

  • Melihat statistik pengunjung website

  • Konfigurasi keamanan (security) folder/website

  • Pengaturan sub domain/parkir domain dan tambahan domain (addon domain)

  • Install instan script website, misal wordpress, joomla, dll.

Kesimpulannya: Cpanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel program-program pendukung website yang tertanam dalam komputer web server. Cpanel sendiri sejatinya sebuah merk kontrol panel yang populer di Indonesia dan mayoritas digunakan oleh perusahaan penyedia web hosting di seluruh dunia. 

Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistme untuk Unix. Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara cli yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.


Dan diantara berbagai macam controp panel tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Jika kita membeli web hosting, biasanya control panel tersebut sudah disediakan oleh penyedia web hosting, kecuali paket hosting yang tidak dimanage yang biasa kita temukan di penyedia hosting luar, seperti unmanage VPS.

Modul – modul control panel :

Biasanya control panel hosting berisi modul-modul antara lain:

1. Web server (misalnya Listpeed, Apache, Nginx, IIS)

2. DNS Server

3. Mail server dan spam filter

4. FTP server

5. Database

6. File manager

7. System monitor

8. Web log analysis software

9. Firewall

Tips memilih control panel hosting :

Yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih control panel hosting yang akan digunakan:

Antarmuka pengguna yang mudah dikelola. Control panel harus menyediakan antarmuka pengguna yang mudah dikelola sehingga pengguna dapat mengelola semua aspek dari hosting mereka dengan mudah.

Platform bebas.Sebagian besar contol panel tersedia secara online yang dibuat untuk server berbasis Linux. Jika situs web yang Anda buat dikodekan di asp.net yang berfungsi baik dengan sistem Windows, maka Anda harus memilih control panel yang berfungsi di server Windows.

Memiliki dukungan dan Forum. Jika panel kontrol dipasang di server, pengelolaan layanan dilakukan oleh control panel itu sendiri dan sangat penting untuk mendapatkan support jika ada masalah.

Fitur dan dukungan Perangkat Lunak.  Penting bahwa control panel mendukung semua perangkat lunak atau fitur yang diperlukan yang harus diinstal di server.

Efektivitas biaya. Jika Anda tidak mampu membayar untuk mendapatkan contol panel, maka Anda bisa memilih control panel gratis. Pilihan yang paling populer ialah Virtualmin / Webmin. Namun jika Anda ingin mendapatkan control panel berbayar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menawarkan dukungan teknis yang bagus jika membutuhkan bantuan, maka pilihan terbaik ialah cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

Pembaruan Stabilitas dan Keamanan. Stabilitas dan keamanan server merupakan faktor yang sangat penting yang akan mempengaruhi bisnis Anda jika tidak dikelola dengan benar. Sangat penting menggunakan server dan control panel yang stabil dan tidak menyebabkan downtime yang tidak perlu bagi pengguna.


2.vps

Pengertian VPS bisa dipahami dengan lebih mudah jika dijajarkan dengan jenis hosting yang satunya yaitu Shared Hosting. Benar sekali, jika di Shared Hosting anda harus berbagi hosting dengan banyak server sekaligus, maka VPS membuat anda memiliki “ruang” pribadi untuk server anda sendiri. Sebagai perumpamaan, jika anda pernah berkumpul dalam satu ruang dengan banyak pembicara sekaligus yang memberikan materi ke masing-masing peserta, maka itulah gambaran Shared Hosting. Sebaliknya, jika anda memberi materi kepada peserta di ruangan tersendiri, dan pemateri lain di ruangan mereka sendiri, maka itulah gambaran VPS. Kelebihan yang ditonjolkan dari adanya VPS adalah ruang privasi yang membuat anda tidak mengganggu dan tidak diganggu oleh server lain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian VPS.

Pengertian VPS



 VPS
VPS atau juga dikenal dengan Virutal Private Server atau VDS (Virtual Dedicated Server) adalah salah satu jenis layanan hosting (penyiaran website) dengan menggunakan teknologi virtualisasi server yang berdasarkan dengan server fisik. Seperti yang sudah dijelaskan di pembukaan, VPS menyediakan ruang pribadi bagi anda dalam bentuk server virtual alias tidak nyata. Meskipun dalam kenyataannya anda harus berbagi server fisik dengan user lain, namun VPS membuat anda seperti memiliki satu server fisik secara penuh. Hal tersebut dikarenakan VPS terinstal hingga pada level OS di setiap komputer. Pembagian ini hampir sama prinsipnya dengan partisi hard disk pada komputer anda.
Kelebihan yang jelas ditawarkan oleh VPS adalah bahwa setiap server virtual tidak akan mempengaruhi kinerja server virtual lain yang masih dalam satu server fisik. VPS akan membagi porsi masing-masing VPS Hosting sesuai dengan pengaturan yang dijalankan. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba website anda nantinya menerima lonjakan traffic sekaligus. Selain itu, VPS juga memberikan privasi terhadap filesystem anda sehingga server lain yang masih dalam satu server fisik tidak bisa melihat data-data penting anda. Dan yang terakhir, anda bisa menjalankan sistem operasi pribadi sesuai keinginan anda, bahkan melakukan rebooted server secara individual juga tersedia.
Penggunaan VPS saat ini didominasi oleh para pemilik website dengan traffic tinggi dan sudah melampaui batas penggunaan Shared Hosting, namun belum terlalu membutuhkan resource dari dedicated server. Pada kasus ini, VPS menjadi semacam alternatif sebelum akhirnya pemilik website benar-benar membutuhkan satu Dedicated Server penuh. Selain pengguna website, VPS juga banyak digunakan untuk keperluan Web Server Software, File Transfer Protocol Program, Mail Server Program, dan juga e-Commerce.
Lalu bagaimana cara kerja VPS hosting?

Cara Kerja VPS

Cara Kerja VPS
Alur kerja VPS dimulai dari server fisik berupa komputer. server fisik ini adalah tempat di mana anda dan seluruh user lain menyimpan file dan database yang dibutuhkan untuk website yang akan di hostingkan. Nantinya, browser yang digunakan oleh pengunjung website anda akan mengirimkan permintaan kepada server, untuk kemudian server mentransfer file yang diinginkan ke pengunjung melalui internet. Nah, pada saat proses menerima dan mengirimkan kembali itulah VPS bekerja. Jadi pengguna akan mendapatkan respons dari VPS yang mana berkaitan langsung dengan server fisik dan memberikan file yang diminta tersebut melalui internet. VPS berguna sebagai peniru server fisik yang bersifat pribadi dan tidak terpengaruhi oleh VPS-VPS lain dalam satu server.

3.Dedicated Hosting Server

Dedicated Server adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah server secara penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Artinya, jika anda memutuskan untuk membeli (sebenarnya hanya menyewa) sebuah layanan hosting dedicated server, maka anda akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server.
Kegunaan dedicated server
Layanan dedicated server ini cocok untuk kebutuhan website yang sudah tidak bisa dihandle oleh vps, dimana website membutuhkan resource server yang tinggi. Banyak layanan usaha yang berbasis membership, seperti e commerce atau e market place yang sudah mulai ramai membutuhkan dedicated server untuk melayani operasional website sehari-hari.

Apa kelebihan dedicated server

Akses penuh, itulah kelebihan utamanya. Anda bisa menentukan sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan-pengaturan lain yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain.
Kalau ternyata kita bukan orang yang advance-advance banget untuk urusan ini, jangan khawatir, biasanya perusahaan web hosting penyedianya masih akan memberikan dukungan untuk hal-hal yang terkait, seperti penginstallan dan sebagainya. Anda akan mendapat prioritas, karena memang harga dedicated server itu lebih mahal dari pada yang shared server. Bisa dibilang ini layanan premium, maka jangan heran kalau provider akan memberi lokasi dan data center khusus untuk layanan hosting yang satu ini.

Apa kekurangan dedicated server

Hampir tidak ada, kecuali bahwa harganya relatif mahal. Cukup sepadanlah dengan segala ‘kuasa’ yang anda dapatkan. Selain itu, butuh pengguna yang tidak gagap untuk mengelolanya. Semua masalah yang berkait dengan website anda, harus ditangani sendiri. Ini kadang diperlukan, karena data yang bersifat rahasia atau terlalu sensitif untuk ditangani orang luar.
Anda tidak hanya harus menguasai skill pengelolaan website, tapi juga hardware-nya, OS-nya, sistem keamanannya, jaringannya, sampai database.

4. vpn

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan untuk dapat terkoneksi ke jaringan public dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan local. Dengan cara tersebut maka akan didapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada didalam LAN itu sendiri, walaupun sebenarnya menggunakan jaringan milik public.
Dari cara pandang jaringan, salah satu masalah jaringan internet (IP public) adalah tidak mempunyai dukungan yang baik terhadap keamanan. Sedangkan dari cara pandang perusahaan, IP adalah kebutuhan dasar untuk melakukan pertukaran data antara kantor cabang atau dengan rekanan perusahaan. VPN muncul untuk mengatasi persoalan tersebut. Sebuah jaringan perusahaan yang menggunakan infrastruktur IP untuk berhubungan dengan kantor cabangnya dengan cara pengalamatan secara private dengan melakukan pengamanan terhadap transmisi paket data.
  1. Fungsi Utama Teknologi VPN
    Teknologi VPN menyediakan tiga fungsi utama untuk penggunanya. Ketiga fungsi utama tersebut antara lain sebagai berikut:
    • Confidentially (Kerahasiaan)
      Dengan digunakannnya jaringan publik yang rawan pencurian data, maka teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkripsi semua data yang lewat melauinya. Dengan adanya teknologi enkripsi tersebut, maka kerahasiaan data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.
    • Data Intergrity (Keutuhan Data)
      Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.
    • Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
      Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.
  2. Manfaat dari VPN
    Berikut ini adalah manfaat dari VPN :
    • Remote Access : Maksudnya dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.
    • Keamanan : dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di cafe-cafe.
    • Dapat menghemat biaya setup jaringan : VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.
  3. Cara Kerja & Penggunaan VPN
    • VPN mendukung banyak protokol jaringan seperti PPTP, L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.
    • VPN klien dapat membuat sambungan dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
    • Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan , hal ini juga berarti bahwa VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
    • Teknologi saat ini semakin banyak mendasarkan perkembangan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini Virtual Private Network  juga membuka jalan untuk koneksi  Wi-Fi dan jaringan nirkabel pribadi.
  4. Kelebihan Dan Kekurangan VPN
    Kelebihan VPN:
    • VPN adalah solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
    • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi
    • Fitur keamanan dapat disesuaikan.
    Kekurangan VPN :
    Dengan penyediaan akses ke karyawan secara global, faktor keamanan adalah risiko tersendiri. Hal ini juga menempatkan informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk penetapan sistem keamanan yang jelas.
    Terlepas dari kekurangannya, ada banyak solusi  yang ditawarkan oleh VPN adalah memberikan konektivitas jarak jauh, file sharing, konferensi video dan layanan lain yang berhubungan dengan jaringan. Berbagai fitur yang sudah ditawarkan melalui layanan internet dapat ditawarkan melalui Privat Virtual Network dengan efektifitas biaya. Kelebihan tersendiri dari VPN karena dapat bekerja pada jaringan pribadi dan publik, intinya VPN adalah jaringan privat flexibel

 

Komentar